Senin, 03 Februari 2014

Trip 2014 #Derawan Island

Heyhoooo...
Dah lama juga yah ga update.
Pengen berbagiii cerita niy dr kep.derawan..
Kebetulan stelah akhirnya pas 31 Des 2013 saya resign dr kantor di Bekasi,dan move to Bandung pas awal Januari 2014...
Ada ksempatan buat jalan2..hehe.
Sebenernya rencana ni, ga dbuat lama2 ko. Inisiatip dr ade ipar. :))
Jadilah kita bertiga -saya,sumami dan putri brangkat tgl 11-14 jan pake travel ocean paradise,cusss ke Derawan.

Tgl 11 : brangkat jam 2 pagi dari Bekasi ke Bandara Soetta..nyampe jam 3 subuh aj dong...*lancarjaya.
Pesawat yang jam 05.00,nunggu sambil tidur terlantar di bandara.
Mendarat dgn slamat di Bandara Tarakan, Kalimantan Utara *penting-karna saya jg baru tau ada kalimantan utara..-haha---jam 08.25 waktu setempat yaaahh..
Nunggu orang travel nya ngejemput,sambil liat liat mana temen serombongan kita...hihihi..
Setelah ktmu tour guide nya,kita d ajak makan siang d dket pelabuhan. Ternyata hbs itu,kita bakal nyebrang pake kapal kecil gt skitar 2 jam ke pulau derawan nya.
oia...group kita tuh ada 14 orang,dengan 4 bule bule dan 10 orang pribumi...duileee..
Slama perjalan pake kapal tuuhhhh..ko rasa rasanya ga sampe sampe yaaaaahhh...jauuuh bgt. Mana smuanya yg dliat cuma aer lagih...
untung ga sampe mabok laut,kaya pas d ujung kulon,yang brakhir muntah..hihihi...
Nyampe pulau sih dah sore,jd acara slanjutnya istirahat. Kita kbagian nginep di home stay. Jadi 'numpang' di rumah penduduk gt.
Di pulau derawan ni, ada sekitar 100 kk lah, jadi mang ga sepi sepi banget. Malah bisa dbilang lumayan rame laaah..
Nih nih...saya kasih liat jdwal perjalanan kita pas d derawan.

Ini Homestay saya slama di Derawan

Hari kedua, dikarenakan pagi pagi sudah mendung, maka Mas Angga "tour guide" kita, ngasih alternatif, mau sesuai jadwal, yaitu ke maratua, sangalaki dan kakaban. Tapi menurut info si pengendara kapal nya, kalau cuaca nya mendung, kita ga bisa sampe di Maratua, karena ombak nya pasti lagi gede banget. Alternatif lainnya, ngerubah jadwal hari ketiga, jadi hari kedua, yaitu ke pulau gusung, snorkeling, dan naek banana boat.
Setelah rundingan ma peserta lainnya, maka kita ngikutin sesuai jadwal saya, tapi Pulau Maratua nya bakal di skip. Huhuhuhu... #berharap esok hari akan cerah...

Jadiii..jadiii...kali ini, kita langsung naek kapal lagi menuju pulau Sangalaki. Ga terlalu jauh sih, dari pulau Dderawan, skitar 1 jam saja laaahhh. Disana ada tempat penangkaran buat penyu penyu..
Ada banyak anak penyu dsana, yang dipelihara dulu, baru setelah beberapa minggu dilepaskan buat ke habitatnya di laut. Biar nanti anak penyu nan lucu itu, ga mati di makan predator. #save penyu#

Pulau Sangalaki, lumayan besar juga loh, disana ada tempat penginapan nya juga, mungkin buat jagain penangkaran penyu penyu nya yaaah...
Disana juga ada jembatan yang dijadiin dermaga juga.
Pasirnya putih dengan air yang bening, masih sepi pulaaaa... Pokoknya bagus deh, buat rileks dan nenangin pikiran..hihi...
Setelah "cukup" puas, maen maen di Sangalaki, kita menuju Pulau Kakaban. Pulau ini terkenal dengan Ubur ubur ga menyengat nya looh. Jadi kita bisa berenang+megang ubur ubur nya di danau. Asiiiiikkkkk....
Perjalanan dari Pulau Sangalaki ke Pulau Kakaban ga begitu jauh ko...
Nyampe Kakaban, langsung makan siang dulu, sbelum ngelanjutin ngeliat ubur ubur..
Jadi ubur ubur nya tuh ada di dalam sebuah danau di Pulau Kakaban. Buat nyampe di danau nya, kita harus jalan lagi naek turun tangga, ga jauh ko. Tangga nya dari kayu gitu, di sisi kanan kiri nya banyak pohon pohon..bagus deh, pemandangannya.
Ternyata ubur ubur nya banyaak+berbagai ukuran. Dari yang ubur ubur imut, sebesar jari kelingking ampe ubur ubur raksasa..hahaha.. #ini beneran lebay :p
Mau di selundupin aja tuh ubur ubur nya, dbawa pulang ke Bandung... :))

Welcome to Kakaban ^.^

Seneng khan, senenggggg... Yaaah, seneng banget laaahhh..hihihi..
Malem nya kita muter muter pulau derawan, ternyata pulau yang lumayan luas itu, bisa laaahhh dikelilingin skitar 1 jam an..
#gempoooorrr
Hari Ketigaaaaaaa #last day, kita jalan2 :(
yeeeeaayyy, ternyata hari ini super cerah niiiiiih.. Baguuuus.
Karena penasaraaaaannnn bgt sama Pulau Maratua -dan sayang bgt, dah jauh jauh kesini, tapi ga ke Maratua- Jadilah kita merayu Kang Riangga buat mengunjungi Maratua. Karena seharusnya hari ini kita trip ke Pulau Gusung, Banana, dan snorkeling, kita minta tetep jalan ke Maratua. Resiko nya, jadi nambah biaya lagi, buat solarnya pak sopir kapal. Soalnya, kalo ke pulau Maratua, jauh dan beda jalur dari pulau Gusung.
Yasudlalaah, ora opo2.... #patungan inih,,,hahaha..
Jadi 1 orangnya kena tambahan biaya 250k aja,kakaaaa... :(

Okesiiipp, rencana sudah ada, dan slanjutnya kita mampir di Pulau Gusung. Pulau ini, leutik pisan laaah. Jadi pulau ini, isinya cuma pasir doang, secara ini pulau yang ada pas surut aj..haha...
Disebut juga pulau Galau, pulau buat orang yang pengen menyendiri..
Taaaapiii..tapiiii...teteup aja pulau nya cantik..
Proporsi yang passssssss bgt antara pulau, langit dan air nyaaaa..

Rombongan sayaaaah :))

Ini kapal yang menemani kita di lautan

Selesai foto2an, kita lanjut deh ke Maratua. Jarak tempuh sekitar 2 jam waktu laut kali yaaahh *mengarang*.
Tapiiii, sebelum nyampe ke Maratua, kita mampir dulu, di tengah laut, buat liat dan maen maen sama Manta.... Di derawan ini, selain ngeliat ubur ubur dan penyu, ada lagi hewan yang unik. Manta... Semacam ikan pari laaah...
Pertama ngeliat Manta itu, nyeremin juga yaaah. Tapi ternyata dia loh yang takut ma kita. Jadi pas dah mau deket kita tuh, mereka bakal belok aj gitu...hahaha...
Amazing deh, liat mahluk laut segede itu, dan kita berenang ngos ngos an, di tengah tengah laaauuut...

Penampakan Manta *diambil dari Paman Google dulu yah*
Sebenernya masih mau liat lagi Manta manta nya, cuma yaaah, harus melanjutkan perjalanan lagi ke Maratua khan yaaahhh...
Pas lagi anteng anteng nya duduk di kapal, ada temen saya yang ngeliat lumba lumba dooong, pada berenang di pinggir pinggir kapal kita... Huaaaaahhhh, seneng nya. Bonus tambahan banget, bisa liat banyak lumba lumba berenang. #sebelumnya saya ngeliat di Killuan, yang ini sih mang target lumba lumba#

Welcome to Maratuaaaaa...
Hippiiieeee... meski aer nya lagi surut ya buuuu.. Jadi karena kapal ga bisa merapat, kita jalan kaki sajah menuju daratan...hihihi..
Disini, kita numpang makan siang. Sebenernya sih, Maratua ini trmasuk pulau yang gedeeee loooh. Cuma karena waktu terbatas juga, takut kesorean. kita cuma muter muter di pinggirnya ajah. Konon kata nya, ada 2 perkampungan, ada kapal karam juga yang nyangkut di pulau, dan adaaaa gua misterius.. :p
Maratua punya resort tersendiri, selain pengunjung resort itu, dilarang masuk!!!.. Jadi cuma foto2 aja dari jauh. Katanya sih katanya, yang punya resort itu orang Malay looh..diiihhhhh.. Ntar tau2, Maratua diaku punya Malay lagiii...huuuu...
Maratua
Kembali ke homestay, dengan hati riang gembira.. :))
Nyampe derawan, kita Banana Boat, dan liat penyu raksasa di deket cottage derawan...
Penyu yang idup di sekitaran derawan juga banyak loooh, dan ada buyutnya penyuuu...soalnya itu penyu aseli gedeee banget, di tempurung nya aja, dah ditumbuhin lumut lumut.

Ada makanan laut yang ngebuat saya dan ade ipar penasaran, semacam lobster gitu sih. Cuma kalo masih idup, mereka galak banget loh. Makannya pas di kolam, mereka dipisahin pake aqua2 botol bekas gitu. Jadi setiap satu lobster, dimasukkin ke satu aqua botol.
Pas nanya nanya sih, harga 1kg nya, mahal aja laaahhh 250k,men. Isi nya sih skitar 6 ekor. Jadilah kita patungan ber6 dengan rombongan lainnya. Daripada penasaran ma rasa nya.. :p
Oia, makanan ini, bisa disajian dengan 2 cara, di goreng kering tepung ma di bumbuin asem manis..
Rasaaaanyaaa??? Enyaaaakkk...Saya paling suka yang goreng kering..nyamnyamnyammm...

AAAAAAHHHH... ga kerasa yaaahhh besok dah hari terakhir ajah.
Hari keempat, kita cuma sarapan, trs langsung ke kapal, buat balik lagi ke pelabuhan di Tarakan.
Nyampe Kota Tarakan, kita mampir makan siang, dan lanjut ngunjungi Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan.
Semacam hutan buatan gitu...
Ga terlalu gede juga, letaknya di pusat kota Tarakan ko.

ini dia bekantung nya in action :D

Selesai liat bekantung, kita ke tempat oleh2..Ternyata di Tarakan ga ada oleh2 khusus loh, malah kebanyakan dari Malaysia...huhuhu...
Pas nyampe bandara sekitar jam 3an, sedangkan kita brangkat penerbangan jam 7 malem... Soooo, ada temen yang inisiatif buat beli kepiting sokaaaa....
*makaaannn truuusss*
Pulang dari Derawan, banyak cerita,banyak makan,dan makiiiiiin iteeemmm.. Yessss...
Seeeee youuu, Derawan. Mudah2an kita berjumpa kembaliii....

*maaf yaaah, post nya kepanjangan :DDD